Ngopi, Menyeruput Manfaatnya Menyisakan Dampak Negatifnya

Banyak orang merasa kurang lengkap hidupnya jika tidak di mulai dengan minum kopi atau ngopi di pagi hari. Termasuk penulis sendiri. Kopi dirasa menjadi suntikan energi dan semangat dalam memulai aktifitas. Tapi berjalannya dengan waktu, ternyata segelas kopi di pagi hari dirasa kurang karena ketika kita bekerja atau beraktifitas, rasa lelah dan ngantuk memperkuat keinginan kita untuk minum kopi lagi.

Penyajian kopi yang tiap pagi hari bisa disajikan di rumah, dengan menyeduh air sendiri pindah ke kedai-kedai kopi, tempat-tempat nongkrong, bahkan coffeshop prestisius hanya untuk menikmati segelas kopi nikmat. Keterlibatan kopi dalam hidup kita serta seleksi kita terhadap tempat dan cita rasa kopi yang ingin  dinikmati menjadi gaya hidup sendiri baik orang yang hidup di kota maupun di desa.

Ternyata kebiasaan minum kopi memberikan manfaat positif serta dampak negatif terhadap pelakunya. Kopi dapat memberikan nilai atau manfaat pada pencintanya. Ada banyak studi yang dilakukan untuk mengetahui manfaat kopi. Kopi juga dapat memberikan dampak buruk bagi yang mencandunya. Seperti gurauan antara pengopi bahwa “kopi adalah ganja bersosis rendah” mengingat rasa yang ditimbulkan dan efek ketergantungannya. Dengan manfaat dan dampak negatif tersebut, maka diperlukan pengaturan minum kopi agar kita dapat tetap menikmati kopi dan merasakan manfaatya tanpa harus cemas akan bahayanya.

Manfaat Ngopi

Terdapat banyak sekali penelitian yang dilakukan untuk mengetahui manfaat yang bisa diambil dari menikmati kopi.

  1. Kopi dapat menurunkan penurunan resiko kejadian DM tipe 2. Penelitian ini dilakukan oleh R.M. Suryadi Tjekyan, Department of Public Health and Community Medicine, Medical Faculty, Sriwijaya University, tentang “Risiko Penyakit Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Kalangan  Peminum Kopi Di Kotamadya Palembang 2006-2007”, dengan kesimpulan: Terdapat hubungan penurunan resiko kejadian DM Tipe 2 pada kelompok peminum kopi dan Frekuensi, kekentalan kopi, jenis kopi, lamanya minum kopi yang tinggi merupakan faktor protektif terhadap DM tipe 2

(http://journal.ui.ac.id).

  1. Menurut penelitian yang dilakukan tim dari Harvard School of Public Health, Boston, As yang menyimpulkan bahwa ngopi bermanfaat untuk melawan kegemukan, menambah semangat.
    Minum kopi disela waktu bekerja ternyata bisa membantu kita tetap bugar dan berkonsentrasi. Penelitian menunjukkan atlit yang mengonsumsi minuman yang mengandung cafein karbohidrat setelah bersepeda memiliki lebih banyak glikogen (cadangan energi) dalam ototnya bila dibandingkan dengan atlit yang tidak mengonsumsi. Glikogen akan membantu kita lebih cepat dan gesit dalam sesi berikutnya (http://clubbing.kapanlagi.com/archive/index.php/t-59823.html).
  2. Penelitian The National Institute of Environmental Medicine di Swedia menyimpulkan bahwa ngopi bisa menghindari kita dari risiko kanker hati (http://clubbing.kapanlagi.com/archive/index.php/t-59823.html).
  3. Sebuah studi yang dilaporkan dalam Journal of Nutrition menyebutkan gadis remaja yang sering minum kopi setiap hari risiko terkena kanker payudara berkurang 40 persen. Kandungan kafein dan polipenhol dalam kopi melindungi tubuh melawan kanker payudara (http://clubbing.kapanlagi.com/archive/index.php/t-59823.html).
  4. Peneliti dari Medical University of Innsbruck, Austria, mengatakan bahwa kafein bisa mencegah berkurangnya daya ingat. Minum secangkir kopi sebelum pertemuan penting dengan klien barangkali layak dicoba agar daya ingat dan otak lebih tajam (http://clubbing.kapanlagi.com/archive/index.php/t-59823.html).
  5. Menurut laporan yang diterbitkan dalam European Journal of Social Psychology menyimpulkan bahwa ngopi dapat mencairkan suasana. Peneliti mengungkapkan kafein merangsang fungsi kognitif sehingga orang akan lebih terbuka dan respektif (http://clubbing.kapanlagi.com/archive/index.php/t-59823.html).
  6. Sebuah studi yang dilakukan kelompok peneliti dari Universitas Sao Paulo, Brasil menyebutkan pria yang rutin minum secangkir kopi setiap paginya memiliki sperma yang mampu berenang lebih lincah dibanding pria yang tak pernah minum kopi di pagi hari (http://mig33java.forumotion.com/medika-f32/manfaat-kopi-bagi-sperma-t900.htm).

Satu studi baru menunjukkan, kopi mengurangi rasa nyeri akibat kelelahan tak peduli seseorang memiliki kebiasaan minum kopi atau tidak. Demikian laporan kantor berita resmi China, Xinhua, Rabu (1/4). Profesor bidang kesehatan masyarakat dan kinesiologi di Universitas Illionis Robert Motl mengatakan, “Kafein bekerja pada satu sistem di otak dan urat tulang belakang yang sangat terlibat dalam pemrosesan rasa sakit. Dan karena kafein menghalangi adenosine, zat kimia yang memainkan peran penting dalam pengalihan energi dan olah raga, kafein dapat mengurangi nyeri” (http://clubbing.kapanlagi.com/archive/index.php/t-59823.html).

Dampak Negatif Ngopi

Selain mendatangkan manfaat jika meminumnya, kopi jika di konsumsi dalam jumlah banyak dapat menimbulkan efek negatif. Kafein dalam kopi menurut dr. Bambang M. Raharja (http://www.jurnalbogor.com/?p=28354)dapat menimbulkan perangsangan terhadap susunan saraf pusat (otak), sistem pernapasan, serta sistem pembuluh darah dan jantung. Kafein menurutnya dapat menetralisir asam lemak dalam darah. ”Tidak heran, setiap minum kopi dalam jumlah wajar, yakni satu hingga tiga cangkir sehari, tubuh akan terasa segar, bergairah, daya pikir lebih cepat, tidak mudah lelah atau pun mengantuk. Hal inilah yang menyebabkan orang sulit terlepas dari kebiasaan minum kopi,” katanya. Berikut beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari kopi berdasarkan beberapa penelitian:

  1. Suatu penelitian yang dilakukan kepada 259 perempuan, hampir separuh responden setiap harinya mengkonsumsi lebih dari 4 cangkir kopi. Jumlah ini ternyata merujuk pada inkontinensia. Inkontinensia adalah gangguan kandung kemih akibat otot-otot dasar kandung kemih dan dinding saluran kencing tidak bisa mengatur pengeluaran kemih. Artinya, mereka yang mengalami kondisi ini akan mengompol setiap saat. Selain itu, Lily A.Arya, MD, ketua penelitian dari University of Pennsylvania menjelaskan asupan kafein yang berlebihan merusak otot-otot dasar kandung kemih secara permanen. Tidak hanya itu, kafein yang berlebihan juga mempertinggi risiko terjadinya Alzheimer (http://clubbing.kapanlagi.com/archive/index.php/t-59823.html).
  2. Ciri umum ketergantungan kopi, antara lain rasa letih atau lelah, tak bersemangat dan mengantuk, kalau sehari saja tidak minum kopi. ”Namun minum kopi di atas tiga gelas atau di atas 150 miligram dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti jantung berdebar, gelisah, insomnia atau sulit tidur, gugup, tremor atau tangan bergetar, bahkan mual sampai muntah-muntah,” tuturnya (http://www.aboutcoffee.net/).
  3. Bagi penderita hipertensi (tekanan darah tinggi), minum kopi akan membahayakan dirinya karena senyawa kafein bisa menyebabkan tekanan darah meningkat tajam. Selain itu, kopi juga bisa meningkatkan aliran darah ke ginjal dengan akibat produksi urin bertambah (http://www.aboutcoffee.net/).

Pada dosis sedang, kafein menaikkan produksi asam lambung yang berlangsung lama, sehingga dapat memperbesar risiko penyakit lambung, tukak lambung, atau tukak usus halus. Bagi para penderita kelemahan lambung hendaknya menghindari konsumsi kopi (http://www.aboutcoffee.net/).

Meningkatkan Kualitas Hidup Dengan Ngopi

Ngopi dapat meningkatkan kualitas hidup anda mengingat banyaknya manfaat yang dapat kita ambil dengan menyeruput kopi. Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa menyeruput kopi juga dapat membahayakan jika tidak dengan porsi yang pas sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Maka cara yang paling bijak dalam menyeruput kopi adalah dengan cara yang benar. Pada dasarnya, cara yang benar untuk menikmati kopi adalah jika Anda tahu bagaimana kopi tersebut bermanfaat bagi tubuh Anda. Cara yang salah adalah jika kopi justru membuat Anda sakit. Contohnya jika Anda harus menyelesaikan pekerjaan semalaman, lalu minum banyak kopi untuk membuat Anda terus terjaga. Perlu Anda ingat bahwa kopi mengandung racun yang bernama kafein. Seperti obat, kafein bisa menyehatkan sekaligus melukai kita. Terlalu banyak kafein bisa menimbulkan gangguan kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, mudah marah, dan gangguan tidur. Kesalahan lainnya adalah membiarkan anak Anda minum kopi sebagai ganti minuman bergizi lain yang dibutuhkan anak. Kafein dalam kopi bisa berbahaya bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Kafein dapat mencuri kalsium dari tulang, dan bisa membuat tulang anak menjadi rapuh.

Inilah cara minum kopi yang disarankan:

  1. Minum lebih sering dalam dosis kecil. Cukup minum seperempat cangkir kopi setiap jam. Jika Anda meminumnya untuk mencegah kantuk, cara ini lebih efektif daripada jika Anda menenggak satu mug besar.
  2. Singkirkan rokok Anda. Minum kopi sambil merokok justru mengurangi daya tahan kafein.  Sesap kopi Anda, lalu tidurlah. Inilah cara terbaik untuk memulihkan energi. Minumlah kopi, lalu tiduran 10 hingga 20 menit. Selama itulah kopi juga membutuhkan waktu untuk menampakkan khasiatnya. Lagi pula, tidur memang satu-satunya cara untuk menjadi bugar.
  3. Isi dulu perut Anda. Kopi tidak bisa menyingkirkan rasa lapar. Ngopi dalam keadaan perut kosong hanya membuat perut Anda kembung. Anda harus makan sebelum minum kopi.Anda tidak perlu minum kopi bila:
  4. Anda merasa gelisah setelah meminum kopi.
  5. Anda mengalami kesulitan tidur (insomnia).
  6. Anda punya masalah dengan perut, atau gangguan dalam pencernaan.
  7. Anda ingin buru-buru merokok setelah minum kopi.
  8. Anda sedang mengonsumsi obat flu atau sakit kepala yang juga mengandung kafein. Hal ini akan melebihi kuota kafein yang aman.

Sumber http://clubbing.kapanlagi.com/archive/index.php/t-59823.html

Dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya apapun ang kita konsumsi selama dalam poirsi yang tepat maka akan mendatangkan manfaat bagi tubuh kita. Karena segala sesuatu yang berlebihan akan membebani kerja tubuh kita. Selai itu, tubuh kita merupakan alat ukur alami yang diberikan oleh Tuhan. Tubuh kita akan berekasi terhadap benda asing atau benda-benda yang dikonsumsi secara berlebihan. Maka cara sederhana menakar apa yang dapat kita konsumsi atau tidak adalah dengan meningkatkan sensitifitas kita terhadap reaksi tubuh kita. Dan cara sederhana dalam menikmati hidup adalah hidup seimbang. Dan mari nikmati hidup dan meningkatkan kualitas hidup dengan ngopi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: